Nama-Nama Pemain Terbaik Tim Garuda Sepanjang Sejarah

nama-nama-pemain-terbaik-tim-garuda-sepanjang-sejarah

Nama-Nama Pemain Terbaik Tim Garuda Sepanjang Sejarah – Sama halnya dengan negara-negara lainnya Indonesia juga mempunyai tim nasional sepak bola yang bernama Timnas. Bahkan Tim Garuda Indonesia ini pernah mendapatkan julukan sebagai macan Asia pada saat itu. Hal itu dikarenakan di dalamnya banyak sekali pemain yang melegenda dengan skill hebatnya. Lantas siapa saja nama-nama pemain terbaik di Timnas itu?

8 Daftar Nama Terbaik Pemain Sepak Bola Timnas Sepanjang Sejarah

Di tanah air sendiri terdapat nama-nama pemain sepak bola yang melegenda dan terbaik di Timnas. Bahkan dari nama-nama tersebut ada yang hingga saat ini masih aktif bertanding bola. Adapun daftar nama pemain sepak bola terbaik di Timnas seperti berikut ini.

Bambang Pamungkas

Pemain sepak bola terbaik pertama sepanjang masa dalam Timnas Indonesia yaitu Bambang Pamungkas. Bambang Pamungkas dikenal sebagai penyerang Flamboyan terbaik. Selama terjun di dunia sepak bola pemain dengan nomor punggung 20 itu telah berhasil mencetak gol sebanyak 38 bersama tim nasional di berbagai pertandingan. Bahkan karena prestasi terbaiknya itu dirinya bisa mengantarkan tim Garuda meraih gelar Runner Up Tiger Cup dengan jumlah yang tidak sedikit yakin sebanyak 4 kali pada tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010. Perlu diketahui bahwa pada Tiger cup 2002 pemain Timnas dengan nomor punggung 20 itu berhasil mencetak gol terbanyak yakin 8 jaringan. Berkat prestasinya itu Bambang Pamungkas sering ditunjuk untuk menjadi kapten Timnas pada berbagai perlombaan.

Boaz Solossa

Boaz Solossa merupakan salah satu pemain timnas asal Papua. Ketika usianya baru 18 tahun pemain bola dengan nomor punggung 7 itu telah berhasil menembus barisan inti penyerang dari tim nasional. Ciri khas dari Boaz Solossa yaitu memakai nomor punggung yang identik dengan stiker klub bola Borneo Samarinda. Selama bergabung dalam Tim Nasional Indonesia dirinya berhasil mencetak gol sebanyak 14 kali. Prestasi lainnya yang berhasil didapatkan oleh pemain dengan nomor punggung 7 ini yaitu ketika bergabung dalam klub Persipura dirinya berhasil mendapatkan 4 gelar Liga Indonesia. Tidak hanya itu saja Boza Solossa juga memperoleh satu gelar Indonesia Soccer Championship A 2016.

Osvaldo

Meskipun usianya masih terbilang muda, namun salah satu pemain Garuda ini telah memiliki banyak prestasi. Hal itu terbukti dari Osvaldo berhasil membawa tim Garuda U-23 masuk ke final pada SEA games tahun 2019 lalu. Bukan hanya itu saja salah satu pemain timnas ini juga pernah menjadi top skor turnamen dan bermain dengan cara sangat baik pada Persebaya Surabaya.

Panaryo Astaman

Prestasi yang pernah diraih oleh salah satu tim Garuda ini kala itu adalah pernah mencetak gol yang terbilang cukup spektakuler dari luar kotak pinalti pada saat sedang melakukan pertandingan melawan Qatar di piala Asia tahun 2004. Berkat gol yang dibuat oleh Panaryo Astaman tersebut menyebabkan Timnas berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Oleh karenanya tidak heran jika Panaryo Astaman diberi julukan “The Milestone Man”.

Firman Utina

Firman Utina sendiri merupakan mantan gelandang serangan andalan tim Garuda dan berhasil mendapatkan berbagai macam gelar kejuaraan pada level club, sehingga membuatnya mendapati julukan ” The Trophy Collector”. Bukan hanya itu saja pemain timnas tersebut juga pernah dinobatkan sebagai Most Valuable Player ketika sedang bertanding di piala AFF tahun 2010. Selain itu firman Utina juga berhasil mendapatkan gelar piala Indonesia back to back sekitar pertengahan 2000-an sebelum dirinya memperoleh gelar Liga Indonesia pertamanya dengan klub sepak bola Sriwijaya di tahun 2012.

Witan Sulaeman

Salah satu pemain Timnas terbaik sepanjang sejarah berikutnya yaitu Wintan Sulaeman. Bahkan dirinya pernah menjadi tulang punggung untuk tim Garuda tersebut ketika sedang berlaga di Eropa pada Timnas Indonesia U-19. Di mana prestasi yang pernah dicapainya dan terbilang sangat fantastis terjadi pada tahun 2020. Alasan mengapa Winta Sulaiman termasuk ke dalam pemain timnas yang paling berkontribusi disebabkan dia berhasil memimpin tiga parameter statistik yang paling krusial dalam bermain bola.

Alberto Goncalves

Pemain dengan nomor punggung 9 ini dikenal sering berpindah-pindah klub setelah melakukan pertandingan satu musim. Meskipun begitu di penghujung karirnya Alberto Goncalves memutuskan untuk menjadi pemain setia pada klubnya saat itu. Di Liga Indonesia pesepakbola tersebut berhasil menduduki peringkat ke-6 sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak yakin 149 gol sejak tahun 2009. Dengan prestasi yang didapatkan itu tidak heran jika Alberto Goncalves termasuk ke dalam pemain timnas terbaik dalam sejarahnya.

Hendro Kartiko

Di Dalam sejarah tim Garuda Hendro Kartiko dikenal sebagai penjaga gawang terbaik. Sejak awal karirnya bersama timnas Hendro Kartiko telah mempunyai sebanyak 60 cups. Selain itu dirinya juga ikut ambil andil dalam pertandingan tiga piala Asia yakin pada tahun 1996, 2000 dan 2004. Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi kiper utama dalam tim Garuda, Hendro Kartiko merupakan kiper cadangan. Kiper asal Banyuwangi itu juga pernah mendapatkan dua gelar Liga Indonesia ketika bergabung dalam klub bola PSM Makassar di musim 1999-2000 dan pada klub bola Persebaya Surabaya di tahun 2004.

Itulah 8 daftar para pemain Tim Garuda terbaik di sepanjang sejarahnya. Tentunya sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga akan keberhasilan yang pernah diberikan oleh tokoh-tokoh di atas. Di mana para pemain itu bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.