World Post Day, Mengenai Hari Surat Menyurat

World Post Day, Mengenai Hari Surat Menyurat

World Post Day, Mengenai Hari Surat Menyurat – Tentunya seluruh warga masyarakat sudah menyadari bahwa perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, dapat dikatakan sangat pesat. Detik demi detik merupakan waktu yang sangat berharga dan juga penting bagi masyarakat untuk menciptakan dan juga menemukan inovasi baru yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan teknologi yang biasa anda gunakan. Hari demi hari selalu adanya penemuan atau inovasi baru pada teknologi. Manusia setiap generasi pun hingga saat ini hanya bisa mengikuti perkembangannya secara otomatis terhadap teknologi terbaru yang rilis diantara mereka. Desain yang nyata pada teknologi ini dapat menjadikan suatu hal yang dianggap masyarakat itu mustahil menjadi hal yang dapat terjadi dengan nyata.

Mungkin jika dilihat kenyataannya jaman sekarang ini hanya para pekerja instansi yang masih menggunakan surat menyurat dengan menggunakan pos. Saat zaman dahulu semua orang menggunakan pos dan surat menyurat dalam berkomunikasi dengan siapapun. Namun pada jaman sekarang seiring perkembangan jaman, manusia seluruh dunia sudah dapat dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun dan jumlah berapapun hanya dengan menggunakan smartphone mereka.

Telah bertahun-tahun bertepatan pada hari ini tanggal 9 Oktober sudah dijadikan Hari Surat Menyurat International atau yang bisa dikenal dengan sebutan World Post Day. World Post Day juga mengingat bagaimana zaman dahulu berkomunikasi surat menyurat dengan menggunakan burung merpati. Burung merpati yang digunakan untuk perantara surat menyurat pada zaman dahulu perlu dilatih agar dapat mengikuti perintah dalam mengirimkan surat tersebut dari pengirim ke seorang penerima. Surat menyurat yang dilakukan oleh merpati ini, tidak semua orang dapat mengguakan merpati ini. Mengapa? Zaman dahulu berkomunikasi surat menyurat dengan menggunakan merpati hanya dapat dilakukan seorang sultan. Biasanya surat yang akan dikirimkan dengan perantara merpati ini akan di gulung kemudian dimasukkan kedalam botol yang akan diselipkan pada kaki burung merpati atau ada juga beberapa orang mengatakan bahwa surat yang akan dikirimkan tersebut di gulung kecil dan dijadikan seperti kalung di leher burung merpati tersebut. Negara Amerika pun zaman dahulu sangat sering menggunakan langkah dalam surat menyurat dengan menggunakan merpati ketika zaman perang dunia pertama saat itu.

Apa tujuan dari World Post Day yang diperingati di seluruh dunia ini? WorldPost Day ini diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran semua orang akan peranan penting adanya pos dalam kehidupan sehari-hari. Perlu anda ketahui juga bahwa pos yang digunakan untuk surat menyurat ini juga dapat membantu membangun pembangunan sosial dan juga ekonomi secara global bagi seluruh negara di dunia. Pada pertama kalinya World Post Day ini di deklarasikan di Tokyo, Jepang oleh kongres pos sedunia pada tahun 1969. Zaman dahulu ini diperingati pertamanya untuk memperingati ulang tahun persatuan pos sedunia yang telah berdiri sejak tahun 1874. Persatuan pos sedunia ini pada akhirnya menjadi peranan penting dalam melakukan kerja sama antar negara dan juga memastikan jaringan serta memberikan pelayanan terbarunya dengan secara menyeluruh seluruh negara di seluruh dunia.pada akhirnya negara-negara disuluruh dunia pun berkontribusi dalam memperingati World Post Day. Adanya peringatan World Post Day ini juga berguna untuk memperkenalkan post serta produk terbaru yang ada pada pos. Selain itu juga sebagai sarana promosi yang diberikan oleh pelayanan surat menyurat yang menggunakan pos.

Dengan adanya surat menyurat, seluruh manusia zaman dahulunya dibiasakan untuk selalu tulis menulis dan juga membaca. Tahukah anda bahwa jika kita memiliki keseringan menulis dan juga membaca akan meningkatkan kecerdasan bagi seseorang yang sering melakukannya? Tidak heran kalau orang zaman dahulu banyak sekali orang-orang pintar dengan kecerdasannya yang sangat memukau. Lewat komunikasi surat menyurat ini dapat membuat seseorang yang jauh jaraknya untuk tetap bisa berkomunikasi. Sehingga meskipun mereka berada di jarak yang jauh, namun mereka masih merasa dekat antara satu sama lain. Surat menyurat ini dapat dapat dilakukan oleh siapapun yang ingin mengirimkan atau berkomunikasi dengan teman, kerabat, bahkan hingga keluarga. Para pekerja instansi pun juga banyak yang menggunakan surat menyurat ini sebagai sarana komunikasi zaman dahulu dalam bekerja dari satu instansi ke instansilainnya. Pengiriman surat menyurat pada pos ini memiliki harga yang cukup beragam. Harga pada pengiriman surat tersebut berdasarkan dari durasi permintaan agar si penerima surat anda menerima. Jika anda menginginkan surat tersebut cepat sampai di penerima dengan estimasi 1 hingga 2 hari tentu biayanya akan lebih mahal dibandingkan dengan proses pengiriman biasa. Meskipun berbayar, semua manusia zaman dahulu menggunakan fasilitas ini untuk kebutuhan sehari-harinya dalam berkomunikasi baik untuk komunikasi ringan yang hanya untuk melepas rindu dengan penerima surat bahkan hingga komunikasi yang diperuntukan melancarkan pekerjaan seseorang atau beberapa orang.

Hari Pos Sedunia atau World Post Day ini memang harus selalu diperingati setiap tahunnya. Karena pada hari pos sedunia ini, anda akan diingatkan bagaimana kejayaannya surat menyurat hingga sekarang meskipun sekarang pun pos sudah tertinggal dikarenakan sudah banyak fasilitas yang lebih cepat dan canggih dalam berkomunikasi yaitu smartphone yang anda gunakan pada zaman sekarang. Untuk memperingati hari ini, cobalah anda untuk beristirahat dari smartphone atau teknologi lainnya dan mulailah untuk mencoba menulis surat kepada orang yang ingin anda ajak komunikasi bisa dengan teman, kerabat, atau pun keluarga anda sekali pun. Ucapkan dalam surat tersebut bahwa anda menyayangi mereka. Kirimlah surat tersebut dengan menggunakan pos yang ada di sekitar anda. Setelah itu lihat bagaimana reaksi dari orang-orang yang menerima surat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *